Pemkab Ende Gelar Pertemuan Tim Percepatan Penurunan Stunting Tingkat Kecamatan

POS-KUPANG.COM, ENDE- Pemerintah Kabupaten Ende kembali menggelar kegiatan Pertemuan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) tingkat kecamatan.

Kegiatan yang mengusung tema "Ayo Cegah Stunting Agar Keluarga Bebas Stunting" dilaksanakan di Aula Bina Kerahiman Ende pada, Selasa 11 Oktober 2022.

Pertemuan tim percepatan tersebut menghadirkan tiga pembicaraan yakni Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Ende, drg. Muna Fatma, M.Kes, Kepala Bappeda Ende Andreas Worho MT, dan Kepala Bidang Kesmas Dinkes Ende, Sadja Fransiska, SKM.

Selain menghadirkan tiga orang narasumber tersebut, kegiatan itu juga dihadiri oleh TPPS tingkat kecamatan seperti para camat se Kabupaten Ende, para kepala puskesmas, kepala Balai penyuluh KB dan, para penyuluh KB yang bertugas di Kabupaten Ende.

Dikatakan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Ende, drg. Muna Fatma, M.Kes bahwa, pertemuan tersebut dilakukan untuk melakukan evaluasi kinerja dari TPPS tingkat kecamatan sudah bekerja dalam rangka menurunkan angka Stunting di Kabupaten Ende.

Dijelaskannya, berdasarkan hasil penimbangan yang dilakukan pada bulan Agustus 2022 lalu mengalami penurunan jika dibandingkan dengan bulan Februari 2022. Hal itu berarti angka Stunting di Kabupaten Ende mengalami penurunan.

"Info awal bahwa, kita pada bulan Agustus mengalami penurunan angka Stunting di Kabupaten Ende sehingga kita sekarang sudah diangka 8,9 persen," jelasnya.

Ia menyatakan bahwa, sejak Kabupaten Ende dinyatakan sebagai lokus Stunting, maka pola penanganan stunting di daerah tersebut dilakukan secara konvergensi dengan melibatkan semua pihak untuk ambil bagian dalam penurunan angka Stunting dengan melakukan intervensi baik itu intervensi spesifik maupun intervensi sensitif.

"Sehingga pada saat ini kita bisa menurunkan angka Stunting sampai dengan angka 8,9 persen," jelasnya.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan pertemuan tersebut, maka para pihak yang tergabung dalam TPPS di tingkat kecamatan dapat mengoptimalkan peran dalam rangka penurunan angka stunting di darah masing-masing.

"Dan tidak lupa pula peran dari tim pendamping keluarga untuk melakukan pendampingan terhadap keluarga yang memiliki resiko terjadinya stunting," ungkapnya.

Kepala Bidang Kesmas Dinkes Ende, Sadja Fransiska, SKM mengungkapkan, pencegahan dan penanganan stunting merupakan tugas bersama dari semua pihak sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing, sehingga pada saat penimbangan petugas kesehatan hanya menunggu di tempat.

"Jadi tidak lagi petugas kesehatan yang mencari balita, yang melakukan pengukuran, penimbangan. Jadi tim itu bukan hanya tim tetapi pelaksanaan tidak berjalan. Itu yang diharapkan," ungkapnya.
Artikel ini telah tayang di Pos-Kupang.com dengan judul Pemkab Ende Gelar Pertemuan Tim Percepatan Penurunan Stunting Tingkat Kecamatan, https://kupang.tribunnews.com/2022/10/11/pemkab-ende-gelar-pertemuan-tim-percepatan-penurunan-stunting-tingkat-kecamatan.
Penulis: Thomas Mbenu Nulangi | Editor: Edi Hayong

 

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.

Kepala Dinas

Kepala Dinas
drg. Muna Fatma, M.Kes

BANNER

keluarga BerencanaKampung KBAyo Cegah Stunting

POLLING

Apakah Informasi yang tersaji pada Website Dinas Dinas Pk KB Kabupaten Ende , bermanfaat bagi Anda?
  Sangat Bagus
  Bagus
  Kurang Bagus
  Jelek